Oktober 22, 2021 6 Manfaat Melon Madu Bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Melon Madu Bagi Kesehatan Tubuh

Melon madu adalah salah satu jenis varian melin yang daging buahnya berwarna orange. Melon madu tergolong mudah didapatkan dipasar dan super market, rasanya yang enak dan harganya juga tidak mahal.

Biasanya, melon madu dikonsumsi dengan secara langsung, ditambahkan dalam sup buah, dijadikan jus dan dijadikan campuran salad. Tak hanya mudah didapatkan banyak dijadikan sebagai hidangan enak, melon madu juga mempunyai manfaat untuk kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Kulit
Melon madu mengandung kaya akan air dan vitamin C ini sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C yang terdapat pada melon madu ini juga bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat dampak buruk paparan sinar matahari.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah
beberapa peneliti mengatakan bahwa mengkonsumsi melon madu dengan secara teratur bisa meningkatkan kadar gula darah. Walaupun dapat meningkatkan kadar gula darah, melon madu mengandung kaya akan serat dan beragam nutrisi lainnya yang bisa lebih mengontrol gula darah dengan secara ampuh.

3. Menghidrasi Tubuh
Melon madu yang kaya akan air ini bisa menghidrasi tubuh dengan baik. Tak hanya air, melon madu juga memiliki kandungan elektrolit seperti magnesium, kalsium, natrium dan kalium. Melon madu juga sangat cocok dikonsumsi sesudah olahraga atau sakit untuk tetap menghindrasi tubuh dan menggantikan cairan tubuh yang hilang.

4. Mencegah Kanker
Melon madu memiliki kandungan anti oksida yang dapat mencegah radikal bebas. Biasanya, radikal bebas berasal dari asap rokok, polusi dan paparan sinar matahari. Tak hanya itu, radikal bebas merupakan salah satu menyebab kanker. Dengan mengkonsumsi melon madu yang kaya anti oksida bisa mencegah terjadinya kanker.

5. Memperkuat Tulang
Mengkonsumsi melon madu bisa memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporisis karena memiliki kandungan vitamin K dan folat. Folat yang terdapat pada melon madu ini dapat memecah homosistein, senyawa pada tubuh yang bisa melemahkan kepadatan tulang seseorang.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Melon madu adalah buah yang mengandung serat, sehingga bisa meningkatkan fungsi usus dan meningkatkan pertumbuhan bakteri pada usus. Walaupun serat pada melon madu itu tidak setinggi pada kadar sebuah lainnya.