Agustus 23, 2021

5 Tips Teratas untuk Mengambil Gambar Lebih Baik di Smartphone Android

Jangan membawa kamera digital berukuran besar saat berkemah, karena hanya akan menghalangi. Kualitas kamera ponsel cerdas kami telah meningkat pesat berkat kemajuan teknologi. Berbeda dengan DSLR, ini menghilangkan kebutuhan akan kamera digital refleks lensa tunggal yang mahal, yang lebih cocok untuk fotografi profesional. Meskipun demikian, mungkin Anda akan terkejut betapa banyak fotografi smartphone berkualitas baik yang dapat dihasilkan.

Bahkan jika Anda mengambil foto dengan jumlah megapiksel tertinggi, Anda juga harus mengetahui beberapa trik fotografi sederhana. Sebagian besar ponsel Android menyertakan aplikasi kamera yang dimuat sebelumnya dengan fitur dasar yang ditemukan di kamera kelas atas. Cari tahu di artikel ini bagaimana fitur-fitur ini dapat digunakan untuk mendapatkan bidikan kamera ponsel cerdas yang hebat.

Disarankan agar mode gambar yang berbeda digunakan untuk jenis gambar yang berbeda. Jika Anda memotret seseorang, gunakan mode gambar potret agar fokus tetap terkunci pada wajah. Misalnya, jika Anda mengambil gambar lanskap atau pemandangan, Anda dapat menggunakan mode lanskap.

Di sebagian besar kamera ponsel cerdas, Anda akan menemukan fitur ini yang dikenal sebagai mode burst. Kami sering mencoba mengambil foto hal-hal seperti kembang api, tetesan air hujan yang jatuh di dedaunan, atau apa pun yang terjadi dalam sekejap mata. Memperpanjang mode burst akan menghilangkan kemungkinan kehilangan celana pendek ini. Untuk mengambil gambar yang bagus seperti ini, kamera Anda harus memiliki tombol rana bawaan (tombol klik). Setelah tombol ditekan, kamera akan mengambil sejumlah bidikan secara berurutan dengan cepat, kemudian Anda akan dapat memilih foto terbaik nanti.

Jangan gunakan zoom optik; semua aplikasi kamera bawaan Android menawarkannya. Untuk memperbesar zoom, tekan tombol perbesar volume, atau sebagai alternatif, gunakan dua gambar zoom (zoom cubit). Zoom optik tidak disarankan karena akan memotong gambar Anda dan Anda tidak dapat memotongnya jika piksel rusak. Jadi, jika Anda masih ingin memperbesar objek tertentu, hindari memperbesar gambar di galeri Anda. Sebagai gantinya, potong gambar setelah berada di galeri.

Sementara beberapa smartphone baru memiliki flash built-in, Anda akan menemukan mode otomatis HDR di banyak di antaranya. HDR adalah singkatan dari High Dynamic Range, dan inilah artinya: foto Anda diekspos secara berbeda saat Anda mengambilnya di hadapan cahaya atau saat tidak ada cahaya. Saat Anda menggunakan kamera ponsel cerdas Anda dalam mode HDR, dibutuhkan 3-4 foto dari satu objek, dan semua ini membedakan antara pergeseran cahaya, dan kemudian menggabungkan hasilnya untuk menghasilkan gambar dengan kualitas warna yang lebih baik daripada yang asli. Untuk memastikan HDR aktif atau otomatis, Anda harus mengetahui kondisi saat Anda memotret. Beberapa smartphone Android memungkinkan Anda menyimpan gambar High Dynamic Range (HDR) dan non-HDR sehingga Anda dapat memilih yang Anda suka, apa pun yang lebih akurat.

Foto bunga dan objek lain yang Anda ambil dengan smartphone Anda cantik karena close-up. Detail dalam gambar akan muncul saat Anda melakukan ketukan close-up pada objek utama yang akan difokuskan.

Ini adalah bagaimana Anda dapat mengambil gambar smartphone yang lebih baik menggunakan kamera yang ada. Kamera Android menawarkan fitur kamera dasar yang sama dengan yang dimiliki kamera Android lainnya.