Oktober 17, 2021 Destinasi Wisata Terbaik di Kabupaten Lima Puluh

Destinasi Wisata Terbaik di Kabupaten Lima Puluh

Sumatra barat dikenal dengan tempat wisatanya yang sangat beragam. Jika kamu ingin berlibur di provinsi ini, terdapat beberapa daerah yang dapat kamu jadikan pilihan, salah satunya di kabupaten Lima Puluh.

Kabupaten ini mempunyai luas sekitar 3,355 kmĀ², Lima Puluh adalah kota yang di anugerahi dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Tak hanya wisata alam, tempat ini juga mempunyai sejarah dan budaya yang tak kalah menarik.

1. Rumah Gadang Sungai Baringin

Happy Weekend" di Rumah Gadang Sungai Baringin Halaman 1 - Kompasiana.com
Rumah adat minangkabau ini terletak di Nagari Sungai Baringin, Payakumbuh, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatra Barat. Pada saat memasuki rumah gadang, kamu akan disambut dengan lapangan yang terpapar sinat matahari.

Lapangan kecil ini biasanya digunakan untuk berbagai pertunjukan seni. Rumah gadang ini adalah rumah dengan 9 ruang yang mempunyai 7 gonjong di atapnya. Dinding kayunya juga di hiasi dengan ukiran khas minangkabau. Terdapat 2 lumbuang di halaman rumah gadang yang berperan sebagai lumbung padi.

2. Monumen Nasional PDRI

Pembangunan Monumen Nasional PDRI Telah Mencapai 40 Persen - Bisnis.com
Monumen ini dikenal dengan nama Monumen Nasional Bela Negara yang berada di Jorong Sungai Siriah, Nagari Kota Tinggi, Kec Gunung Omeh, Kab Lima Puluh Kota, Sumatra Barat.

Indonesia pernah membentuk kabinet daruray yang dipimpin oleh Syafruddin Prawiranegara sejak 22 Desember 1948 sampai 13 Juli 1949, tepat sesaat sudah penangkapan Hatta dan Sukarno. Pada monumen ini terdapat museum dan auditorium mengenai sejarah PDRI.

3. Padang Mangateh

Padang Mangateh in Padang City, West Sumatra Province
Padang rumput ini berada di Padang Mangatas, Mungo, Luak, Lima Puluh Kota, Prov Sumatra Barat. Disini kamu dapat melihat pemandangan yang serba hijau dan mempunyai luas kurang lebih 280 hektar dan mempunyai populasi kurang lebih 1300 ekor sapi.

Padang mangateh merupakan daerah peternakan yang dikelola oleh Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mangateh.

4. Kampuang Sarosah

Menara Eiffel di Kampung Sarosah, Sampah Visual Perenggut Keindahan Alam  Halaman all - Kompas.com
Kampuang ini terletak di Jorong Lubuak Limpato Jorong Lubuak Limpato, Tarantang, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Disini, kamu dapat menikmati berbagai macam wahana permainan yang ada di Harau Dreampark seperti mendayung di sungai kecil dan zip line bike.

Selain itu, terdapat juga kampung korea dan jepang yang dimana kamu dapat menyewa baju tradisional. Kampuang sarosah mempunyai rumah gadang yang akan memberitahukan mu akan indahnya kebudayaan minangkabau.