September 1, 2021

Meningkatkan Penggunaan Smartphone untuk eCommerce

Revolusi seluler bukanlah hal baru – kami telah mengetahui selama dua tahun bahwa penggunaan internet seluler meningkat, dengan pengumuman Google tahun lalu bahwa ia akan menerapkan indeks seluler default pada tahun 2018. Apa yang baru adalah peran yang dimainkan ponsel cerdas di eCommerce, dengan pembeli yang menggunakan perangkat mereka selama perjalanan pembeli, mulai dari penelitian dan perbandingan hingga pembayaran.

Black Friday dan Cyber Monday mengkonfirmasi kebenaran yang tidak dapat disangkal, dengan Adobe melaporkan bahwa pada Cyber Monday, rekor 39,9 persen lalu lintas web ke situs ritel berasal dari ponsel cerdas, dengan penjualan sebesar £ 1,13 miliar yang ditransaksikan pada perangkat seluler – peningkatan 12 persen kekalahan selama tahun-tahun sebelumnya.

Gadget populer

Seperti yang Anda harapkan dari pemimpin pasar, perangkat Apple mendominasi dalam hal penggunaan smartphone eCommerce. Pengguna Apple juga membelanjakan lebih banyak untuk ponsel cerdas mereka di Cyber Monday daripada rekan-rekan Android mereka, menyiratkan bahwa pengecer eCommerce akan lebih baik dilayani dengan mengoptimalkan situs dan kampanye pemasaran mereka untuk pengguna iPhone.

Jumlah orang yang menggunakan ponsel cerdas mereka untuk mengakses situs web eCommerce

Menurut eMarketer, lebih dari setengah dari semua pembeli digital Inggris melakukan transaksi melalui smartphone, menunjukkan bahwa eCommerce menyumbang porsi yang cukup besar dari semua penjualan online. Memang, laporan tersebut memperkirakan bahwa mCommerce menghasilkan pendapatan hingga £35,31 miliar. Angka ini juga diperkirakan akan meningkat seiring kepercayaan konsumen dalam bertransaksi melalui smartphone dan pilihan pembayaran mobile yang semakin canggih. Pada tahun 2021, mCommerce diharapkan menyumbang sebagian besar penjualan ritel, menyumbang 56 persen dari total penjualan mCommerce ritel.

Konversi dari kunjungan perangkat seluler

Terlepas dari semakin populernya smartphone dan pesatnya pertumbuhan mCommerce, tingkat konversi dari smartphone mungkin sulit untuk dijabarkan dan tidak selalu setinggi yang diharapkan di industri tertentu. Namun, ada penjelasan serupa untuk ini – konsumen pada dasarnya adalah makhluk omnichannel, dan penggunaan layar ganda adalah pola yang sudah lama ada.

Rasio konversi di perangkat seluler saat ini lebih rendah daripada di perangkat desktop, dengan Marketing Land memperkirakan bahwa ponsel cerdas hanya menyumbang 20% dari konversi. Ketika Anda mempertimbangkan berapa banyak waktu layar aktual yang dihabiskan di perangkat seluler, angka ini tampak sangat rendah. Yang penting untuk diingat adalah peran yang dimainkan ponsel cerdas dalam proses penemuan dan penelitian, yang pada akhirnya mendorong konversi ke desktop atau tablet.

Ponsel cerdas sangat menguntungkan dalam momen mikro, dan data menunjukkan bahwa mengoptimalkan aspek utama dari pengalaman seluler dapat menghasilkan peningkatan konversi. Berkonsentrasi pada kecepatan pemuatan halaman, misalnya, sangat penting untuk mempertahankan keterlibatan pengguna ponsel cerdas, sementara elemen desain responsif seperti tombol besar menghilangkan banyak gesekan yang terkait dengan konversi seluler.