September 23, 2021 Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan, Baik Untuk Diet

Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan, Baik Untuk Diet

Siapa sih yang tidak suka makan telur rebus? Makanan satu ini mempunyai rasa yang enak, mudah didapatkan dimana-mana dan dapat dijadikan berbagai masakan lezat.

Bukan cuman rasanya yang enak telur rebus juga disukai banyak orang, telur rebus juga mempunyai kandungan zat yang baik untuk kesehatan. Beberapa nutrisi yang terdapat pada telur rebus ini seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, protein, seng dan folat.

Walaupun baik bagi kesehatan, cara mengelolah telur juga mempengaruhi pada jumlah nutrisi didalamnya. Salah satu cara pengolahan yang di yakini aman dan tetap terjaga nutrisinya dari telur adalah dengan merebusnya.

1. Mencegah Penyakit Jantung
Mengkonsumsi telur rebus dapat meningkatkan kolestrol baik atau high-density lipoprotein dalam tubuh. Apabila kadar kolestrol baik dalam tubuh tinggi, maka potensi terkena gangguan kesehatan seperti stroke dan penyakit jantung juga bisa lebih rendah.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Telur rebus memiliki kandungan zat zeaxanthin dan lutein yang dapat menjaga kesehatan mata dari paparan radikal bebas. Ke 2 zat ini juga dapat mencegah pertumbuhan katarak dan mencegah gangguan penglihatan pada lansia. Zeaxanthin dan lutein bisa terserap dengan baik pada tubuh karena terdapat karotenoid pada kuning telur. Karotenoid bisa membantu penyerapan zat dengan lebih baik.

3. Baik Untuk Diet
Telur rebus sangat cocok di konsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet karena tidak menggunakan minyak dalam mengolahnya. Bukan hanya itu, telur rebus juga dapat mempercepat peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh yang cepat akan menjadikan kalori dalam tubuh menjadi lebih mudah terbakar dan berat badan dapat turun dengan cepat. Telur rebus mengandung kaya akan protein yang baik untuk mempercepat sistem kekebalan tubuh dan memberikan asupan nutrisi saat sedang diet.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Telur rebus juga bisa membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Zat glycopeptide sulfate yang terdapat pada bagian kuning telur ini yang mempunyai peran penting dalam meningkatkan imun tubuh. Zat ini bisa melindungi tubuh dari serangan penyakit dan infeksi.