Desember 1, 2020 Manfaat Mengonsumsi Buah Pir Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Mengonsumsi Buah Pir Untuk Kesehatan Tubuh

Buah Pir – Pir merupakan buah paling populer di dunia karena memiliki banyak sekali varietas yang berbeda , ada sebanyak 100 jenis buah pir yang ditanam di seluruh dunia.

Secara bentuk buah pir sekilas mirip dengan lonceng dengan rasa yang manis. Di Indonesia pir sangat mudah ditemukan baik di pasar swalayan , toko buah , pasar modern hingga pasar tradisional.

Buah pir memiliki tekstur renyah dan lembut ketika dimakan. Bukan hanya memiliki rasa yang lezat , buah yang banyak tumbuh di wilayah subtropis ini juga mengandung banyak sekali manfaat kesehatan untuk tubuh.

Buah pir mengandung : kalori , tembaga , kalium , vitamin C , vitamin K , serat , protein , karbohidrat , folat , niacin , provitamin A  hingga antioksidan polifenol. Kandungan tersebut merupakan nutrisi penting untuk tubuh.

Berikut dibawah ini manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh :

1 . Cocok untuk diet
Buah pir termasuk buah yang rendah kalori namun tinggi air dan kaya akan serat. Ketiga kombinasi ini dapat menurunkan berat badan karena air dan serat dapat membuat kenyang lebih lama , sehingga tidak memikirkan makan terus.

2 . Menjaga sistem pencernaan
Pir merupakan salah satu buah dengan sumber serat larut maupun tidak larut yang sangat baik. Serat pada pir sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan , juga dapat menjaga keteraturan pada usus dengan melembutkan tinja. Satu buah pir mengandung serat sebanyak 6 gram ( ini sama dengan mencukupi 22% kebutuhan serat harian ).

3 . Menyehatkan jantung
Buah pir dapat membantu menurunkan resiko berbagai penyakit jantung karena pir mengandung antioksidan procyanidin yang memiliki tugas untuk menurunkan kekakuan pada jaringan jantung , dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan dapat meningkatkan kolesterol baik(HDL).

4 . Menurunkan resiko diabetes
Buah pir terutama varietas yang berwarna merah diyakini dapat membantu menurunkan resiko penyakit diabetes. Kulit buah pir merah memiliki senyawa antosianin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-diabetes. Buah pir juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah , dengan kata lain dapat mengendalikan atau mencegah terjadinya diabetes.

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi buah pir , semoga informasi ini berguna untuk anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *