Februari 23, 2020 Manfaat Mengkonsumsi Ubi Jalar

Manfaat Mengkonsumsi Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu jenis umbi-umbian yang sangat banyak merambat di indonesia. Harganya yang relatif murah dan baik untuk di konsumsi bagi kalangan anak-anak hingga orang tua. Biasanya ubi jalar ini di olah dengan di kukus atau di rebus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Namun mengikuti perkembangan zaman, ubi jalar ini di kembangkan dengan banyak varian mulai dari cemilan, kue bolu, pudding, hingga eskrim. Beberapa penelitian sangat menyarankan untuk sering mengkonsumsi ubi jalar agar mengurangi resiko terkena penyakit. Nah kali ini kami akan membahas apa saja manfaat ubi jalar bagi kesehatan kita :

  • Bermanfaat Untuk Kesehatan Mata

Ubi jalar mempunyai kandungan beta karoten tinggi sehingga dapat membantu mengembalikan kemampuan penglihatan. Cara melihat ubi jalar yang mempunyai kandungan karoten yang tinggi adalah dengan melihat pigmen warnanya, jika semakin pekat warnanya maka semakin tinggi kandungan karoten.

  • Dapat Mencegah Kanker

Ubi jalar yang berwarna oranye mengandung anti-karsinogenik menurut para ahli nutrisi yang ada di San Diego, Laura Flores. Seperti yang di ketahui bahwa ubi jalar mempunyai kandungan beta-karoten yang dapat mengurangi resiko kanker payudara wanita yang pramenopause dan juga kanker ovarium pada wanita yang pascamenopause. Menurut ahli nutrisi Laura Flores bahwa ubi jalar ungu lebih efektif daripada ubi jalar oranye dalam melawan kanker.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang berdiet cocok untuk mengkonsumsi ubi jalar secara rutin karena mengandung kalori yang baik dan dapat membantu menurunkan berat badan. Ubi jalar mempunyai kandungan lemak yang sangat rendah, jadi sangat cocok di konsumsi bagi orang yang sedang diet.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ubi jalar mempunyai kandungan Vitamin B6 yang dapat menghancurkan homocysteine. Kandungan kalium pada ubi jalar juga bermanfaat bagi kesehatan jantung karena dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga keseimbangan cairan menurut penelitian dari Harvard University School Of Public Health.

Itulah beberapa manfaat dari ubi jalar yang harus kalian ketahui. Kamu bisa mengkonsumsi ubi jalar sebagai pengganti nasi karena dapat membuat kenyang lebih lama. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *