Maret 8, 2021 Manfaat Mengkonsumsi Ikan

Manfaat Mengkonsumsi Ikan

Ikan merupakan penyumbang terbesar protein bagi tubuh selain daging hewan lainnya. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan laut berlebih. Namun, menurut penelitian, masyarakat Indonesia kurang memiliki minat untuk mengkonsumsi ikan. Per tahunnya, masyarakat Indonesia hanya mengkonsumsi ikan sekitar 30an kg selama setahun dan ini merupakan angka yang rendah. Padahal ikan memiliki berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh yang dapat membantu kita dalam melakukan kegiatan sehari hari.

Manfaat Ikan Bagi Tubuh

Banyak dari penduduk Indonesia yang  memilih  untuk mengkonsumsi daging lain seperti ayam dibandingkan dengan mengkonsumsi ikan, padahal sudah jelas ikan memiliki kandungan gizi yang lebih banyak dibandingkan daging lainnya. Daging ikan juga tergolong sehat jika dikonsumsi banyak karena daging ikan memiliki daging berwarna putih sehingga tidak berbahaya untuk kesehatan. Dari segi harga juga ikan memiliki harga yang relatif murah dibandingkan daging lainnya. Berikut adalah manfaat dari ikan bagi tubuh kita :

  • Perkembangan otak

    Daging ikan kaya akan omega 3 yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak kita. Biasanya ibu hamil dianjurkan memakan ikan untuk janin mereka agar menerima asupan gizi yang cukup. Namun ada beberapa ikan yang mengandung merkuri yang tinggi yang dapat berdampak buruk bagi otak.

  • Mengurangi resiko penyakit jantung

    Menurut Kementerian Kesehatan RI, mengkonsumsi ikan minimal 2 kali per minggu dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Ikan mengandung protein yang dapat menurunkan tekanan darah sehingga dapat mengurangi resiko terkenanya penyakit jantung.

  • Meningkatkan ingatan

    Dengan mengkonsumsi ikan, bagian otak yang berfungsi untuk memproses informasi dan menyimpan ingatan akan bekerja lebih baik karena neuron yang terletak di otak akan terangsang oleh daging ikan.

  • Mencegah asma pada anak

    Selain baik untuk mata dan otak pada anak, daging ikan juga berperan untuk mencegah terjadinya asma pada anak. Kandungan zat n-3 PUFA ( Polyunsaturated Fatty Acid ) yang terdapat pada ikan dapat menurunkan resiko asma pada anak dibandingkan dengan sayuran yang memiliki kandungan zat n-6 PUFA.

  • Vitamin D yang tercukupi

    Dari hasil penelitian, mengkonsumsi ikan merupakan salah satu penyumbang terbesar  vitamin D bagi tubuh kita. Satu porsi ikan salmon saja dapat mencukupi vitamin D bagi tubuh. Vitamin D berguna untuk kesehatan tulang kita karena berperan dalam mengatur kalsium dalam tubuh.

  • Memelihara kualitas mata

    Daging ikan mengandung omega 3 yang selain berfungsi untuk perkembangan otak kita, omega 3 juga berperan banyak dalam kesehatan mata kita. Dengan mengkonsumsi daging ikan, mata kita akan terawat dan mengurangi resiko kebutaan di masa tua nanti.

Manfaat Ikan Untuk Kecantikan

Ikan air tawar maupun laut memiliki nutrisi yang baik bagi kulit kita. Menurut pakar kecantikan, nutrisi yang terdapat pada daging ikan bisa menjaga elastisitas kulit wajah dan mencegah penuaan. Kandungan omega 3 pada ikan juga dapat menjadi tabir surya bagi kulit untuk melindungi dari paparan sinar matahari atau UV.

Vitamin A yang terkandung pada ikan juga berfungsi untuk regenerasi kulit dan mengecilkan pori-pori. Vitamin E yang terdapat pada ikan juga dapat memperpanjang usia kulit untuk mencegah keriput dan meningkatkan sirkulasi darah agar kulit selalu terlihat segar

Kandungan magnesium dan seng (Zn) pada ikan juga dapat meningkatkan kualitas kulit dan mengontrol minyak di wajah kita. Lemak pada ikan dapat mencegah kulit agar tidak menipis dan membentuk kembali jaringan kulit yang rusak. Oleh karena itu kadang lemak yang terdapat pada kulit ikan kadang digunakan untuk penutup luka.

Di-tag pada:

Tinggalkan Balasan