Januari 29, 2020 Manfaat Ikan Yang Jarang Di Ketahui Banyak Orang

Manfaat Ikan Yang Jarang Di Ketahui Banyak Orang

Ikan merupakan salah satu sumber protein terbaik bagi tubuh, selain ayam dan daging lainnya. Namun, mengkonsumsi ikan di kalangan orang Indonesia masih tergolong minim peminatnya, terutama penduduk yang tinggal di daratan pulau jawa. Di pulau Jawa, tercatat konsumsi ikan di pulau jawa hanya berkisar 32 kg per kapita per tahun, sedangkan di pulau kalimantan dan sumatera konsumsi ikan mencapai 32 sampai 43 per kapita per tahunnya, dan di wilayah indonesia bagian timur tercatat sebanyak 40 kg per kapita per tahun, menurut laporan data yang tercatat kementerian kelautan dan perikanan. Padahal, ikan memiliki ragam manfaat yang baik, terutama untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Sayangnya, sebagian besar warga negara Indonesia lebih dominan untuk memilih ayam dan daging untuk menjadi sumber protein ketimbang mengkonsumsi ikan. Padahal, nutrisi yang terkandung dalam daging ikan sangat banyak, bahkan bisa di bilang lebih banyak ketimbang ayam dan daging.

manfaat ikan yang mungkin kamu tidak tahu

1. Membantu pertumbuhan, terutama untuk anak-anak

Selain kandungan protein nya yang tinggi, ikan juga memiliki kandungan asam lemak omega 3, kalsium, vitamin D, dan fosfor. Tidak sampai situ, ikan juga memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral lain, seperti zat besi, zink, magnesium, zink, kalium, dan B2. Vitamin dan mineral itu merupakan unsur yang sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan tumbuh kembang anak.

2. Mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer

Penelitian menunjukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi ikan dengan cara di panggang memiliki sel otak lebih besar dan volume yang besar di bagian otak yang bertanggung jawab untuk menyimpan ingatan dan belajar. Para peneliti juga percaya manusia yang memiliki volume otak yang lebih besar akan beresiko menurunnya kognitif dan resiko Alzheimer lebih rendah.

3. Manfaat lainnya

Selain bermanfaat untuk masa pertumbuhan anak, ikan juga memiliki manfaat lain, seperti

mencegah terjadinya penyakit asma pada anak. Penelitian menunjukan bahwa anak yang rajin mengkonsumsi ikan memiliki resiko terkena asma lebih kecil ketimbang anak yang tidak mengkonsumsi ikan.

menurunkan diabetes tipe 1 . ikan yang mengandung omega 3 berpengaruh dengan penurunan resiko diabetes tipe 1 pada orang dewasa maupun anak-anak.

menjaga mata dari kerusakan akibat bertambahnya usia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *