Oktober 6, 2021 MANFAAT GULA BATU APAKAH LEBIH BAIK DARIPADAS GULA PASIR?

MANFAAT GULA BATU APAKAH LEBIH BAIK DARIPADAS GULA PASIR?

Gula baru pada umumnya terbuat dari air tebu yang dikristalisasi tanpa adanya proses pemurnian, jenis gula ini juga sudah dipercaya akan kandungan vitamin, mineral dan juga asam amino. Terdapat beberapa jenis gula batu seperti gula batu belgian yang bisanya memiliki warna lebih cokelat dan juga memiliki kandungan mineral dan pastinya manfaat gula batu ini juga sangat baik untuk kesehatan.

Pada dasarnya gula batu dan juga gula pasir ini berasa dari bahan yang tergolong sama yaitu sukrosa. Pada sekitar 100gr gula batu memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 99,5gr sedangkan pada 4gr gula baru memiliki kandungan 25kkal energi.

Selain itu juga gula baru merupakan salah satu bahan pemanis yang tidak memiliki kandungan protein, lemak ataupun serat. Namun perlu diingat gula batu tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan karena menurut Kementrian batasan dalam mengkonsumsi asupan gula yang sangat aman pada kesehatan adalah 50gr perharinya atau sama dengan kurang lebih 4 sendok makan perharinya. Namun akan lebih disarankan jika lebih membatasi mengkonsumsi gula sampai kurang lebih 25gr sama.

Manfaat gula batu tidak hanya bisa membuat makanan dan juga minuman terasa lebih manis saja. Berikut beberapa manfaat dari gula batu seperti :
1. Menyegarkan napas
2. Meredakan batuk
3. Mengatasi sakit tenggorokan
4. Meningkatkan hemoglobin
5. Mengatasi masalah pencernaan
6. Menghentikan mimisan
7. Baik untuk otak
8. Bermanfaat untuk ibu menyusui

Meskipun gula batu sudah banyak digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional bukan berarti gula batu jauh lebih baik dibandingkan dengan gula pasir. Gula batu memiliki bentuk yang padat dibandingkan gula pasir sehingga yang membuat jumlah kalori pada gula batu lebih besar dari gula pasir. Selain itu baik dari gula batu atau gula pasir ini memiliki indeks glikemik yang sama yaitu 65 dan ini masuk kedalam katergori yang sedang. Indeks glikemik ini merupakan salah satu acuan seberapa makanan yang kita konsumsi bisa meningkatkan gula darah yang ada didalam tubuh. Maka dari itu sebaiknya untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan meskipun manfaatnya sudah terbukti.

Di-tag pada: