September 26, 2021 Jarang Diketahui, Manfaat Baik Dari Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

Jarang Diketahui, Manfaat Baik Dari Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

Sering dianggap sebagai tanaman liat, ternyata buah ciplukan mempunyai banyak manfaat. Buah ciplukan adalah buah berwarna kuning dan hijau yang terbungkus dengan kulit tipis yang rasanya sedikit kecut manis.

Buah ciplukan ini mempunyai nama latin Physalis. Buah ini mempunyai nama yang berbeda di setiap daerahnya. Kalau di inggris, buah ciplukan dikenal dengan nama groundcherry. Pohon dari buah ciplukan ini banyak tumbuh di kebun rumah, tepi jalan, hutan, semak, dan sawah. Banyak yang mengira kalau buah ini sebagai gulma dan tidak ada harga jualnya.

1. Mengatasi Nyeri
Buah ciplukan memiliki kandungan senyawa anti inflamasi yang bisa mengurangi rasa nyeri. Seperti nyeri yang dikarenakan asam urat, wasir, nyeri otot dan radang sendi. Para peneliti mengatakan bahwa ekstrak ciplukan bisa untuk mengatasi rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit lupus.

2. Menyehatkan Mata
Buah ciplukan ini baik dalam meningkatkan kesehatan mata karena mempunyai kandungan karotenoid yang lumayan tinggi. Karotenoid ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya terkena katarak dan bisa memperlambat munculnya degenerasi makula. Buah ini bisa menjaga penglihatan agar tetap tajam seiring berjalannya usia.

3. Obat Herbal Kanker Payudara
Menurut penelitian, kalau ekstrak daun ciplukan ini mempunyai kandungan sitotoksisitas yang dapat melakukan menginduksi kematian pada sel kanker. Hal ini diberikan agar ciplukan dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif untuk penderita kanker payudara yang lebih aman, ampuh dan sangat terjangkau.

4. Baik Untuk Ginjal
Ciplukan juga diyakini sebagai salah satu obat diuretik yang bisa membantu dalam menghilangkan racun dengan merangsang untuk buang air kecil. Buah ini juga bisa membuang lemak yang berlebih, racun dan garam dari sistem limfatik yang bisa menjaga ginjal agar tetap berkerja dengan optimal.

5. Menjaga Kesehatan Tulang, Jantung & Kulit
Buah ciplukan mempunyai kandungan vitamin K yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan tulang. Kandungan dari buah ini juga bisa menjaga tekanan darah agar tetap normal. Dan vitamin k pada buah ciplukan ini bisa membantu menurunkan resiko terkena serangan jantung koroner.