Oktober 10, 2021 FROZEN FOOD APAKAH LEBIH SEHAT DIBANDINGKAN DENGAN MAKANAN SEGAR?

FROZEN FOOD APAKAH LEBIH SEHAT DIBANDINGKAN DENGAN MAKANAN SEGAR?

Bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak ataupun kalian tidak suka memasak yang ribet, maka frozen food bisa dijadikan sebagai salah satu alasan yang tepat. Sekarang ini sudah sangat banyak frozen food atau makanan beku yang bisa dengan mudah kalian temukan mulai dari sayuran, daging dan buahan juga kini sudah tersedia. Hal inilah yang membuat frozen food ini sangat digemari oleh banyak orang karena sangat muda dan praktik sekaligus juga lebih tahan lama. Namun, ternyata banyak juga yang memiliki pendapat bahwa makanan beku ini sangat tidak sehat dibandingkan dengan jenis makanan yang masih segar.

Jika dilihat dari mana yang sehat, frozen food atau jenis makanan segar tentunya tergantung pada kandungan nutrisinya karena pembekuan sama sakali tidak akan mempengaruhi jumlah kalori, serat, protein dan juga lemak pada makanan tersebut. Tapi ada terdapat beberapa kemungkinan bahwa pada masa proses pembekuan makanan ini bisa mempengaruhi kadar pada beberapa vitamin seperti pada vitamin C akan menjadi lebih tinggi dan sebagian besar pada nilai gizi ini akan tetap dipertahankan setelah proses pembekuan.

Sementara pada kandungan nutrisinya sangat mudah untuk dihancurkan oleh cahaya dari suhu, udara yang bisa menjadi cepat berkurang pada makanan segar, maka frozen food ini juga bisa mencegah hilangnya kandungan nutrisi pada makanan tersebut. Apalagi pada jenis sayur dan buahan yang dipetik pada puncak kematangan dan selanjutnya makanan tersebut melalui proses pembekuan secara cepat sehingga kandungan nutrisi yang ada didalam akan tetap terjaga. Lain halnya jika pada sayuran dan buahan yang segar yang umumnya dipetik matang sipaya tidak membusuk ketika ingin dijual. Akan tetapi tekstur dan rasa pada makanan yang sudah dibekukan dan makanan segar ini jelas akan lebih berbeda.

Lalu apakah benar kalau frozen food ini biasanya menggunakan bahan pengawet? Banyak orang yang mungkin merasa takut untuk mengkonsumsi jenis makanan yang dibekukan karena pastinya sudah sering mendengar bahwa makanan yang dibekukan ini menggunakan bahan pengawet. Perlu kalian ketahui bahwa pada proses pembekuan makanan ini akan membuat makanan menjadi lebih awet tanpa menggunakan bahan pengawet lainnya.

Bahkan tekhnik ini sudah digunakan sejaka dahulu sebagai salah satu cara yang digunakan oleh manusia purba dalam mengawetkan makanan di jaman dahulu dengan menggunakan es batu. Namun, jika kalian suka mengkonsumsi makanan yang dibekukan sebaiknya untuk selalu membaca label pada kemasan frozen food yang dibeli untuk memastikan apakah terdapat tambahan bahan pengawet.