September 2, 2021

Cara Menulis Novel Anda di Smartphone Anda

Menemukan waktu untuk menulis novel bisa jadi sulit, dan mengembangkan motivasi untuk duduk di depan komputer bisa menjadi kendala lain. Tugas-tugas kecil dalam hidup dapat dengan mudah menghalangi, dan sebelum Anda menyadarinya, hari telah berlalu tanpa satu kata pun ditulis. Meskipun Anda mungkin sibuk membayangkan adegan dan alur cerita, ada kalanya Anda tidak ingin duduk di depan komputer. Dan justru di sinilah memanfaatkan smartphone Anda dapat memberikan manfaat yang signifikan.

Menggunakan ponsel Anda adalah satu hal yang benar-benar dapat membantu Anda menulis lebih banyak. Sebagian besar ponsel cerdas menyertakan beberapa bentuk aplikasi notepad; papan tulis digital yang mudah digunakan di mana Anda dapat mencatat daftar belanja dan pengingat. Namun, aplikasi ini dapat digunakan untuk lebih dari sekadar daftar kebutuhan sehari-hari, dan ini bisa menjadi cara cepat dan mudah untuk menuliskan kata-kata dengan sedikit usaha.

Meskipun Anda mungkin percaya bahwa menulis novel di ponsel cerdas Anda bukanlah cara paling cerdas untuk menyelesaikan proyek terbaru Anda, jika itu memfasilitasi penulisan Anda, jumlah kata tambahan apa pun adalah bonus. Pertimbangkan seberapa cepat Anda dapat mengetik pesan instan, teks, dan email di ponsel Anda. Jika Anda dapat memanfaatkannya dengan baik dan mentransfer kecepatan itu ke aplikasi notepad Anda, itu banyak kata yang dapat Anda tulis di waktu luang Anda. Tentu saja, pemformatan akhir akan membutuhkan PC atau Mac Anda, tetapi ini adalah proses yang relatif sederhana. Sebagian besar ponsel cerdas menyertakan opsi email dalam aplikasi notepad mereka, memungkinkan Anda mengirim sendiri pesan secara instan. Atau, Anda cukup menyalin dan menempelkan ini ke email yang ditujukan sendiri. Setelah Anda berada di rumah, hanya perlu beberapa detik untuk memotong dan menempelkan skrip, mengubah beberapa opsi pemformatan, dan presto! Anda telah membuat kata-kata baru dengan sedikit usaha.

Keuntungan signifikan menggunakan ponsel cerdas Anda untuk membantu Anda menulis novel adalah hampir pasti Anda akan membawanya setiap saat. Anda tidak perlu membawa tablet, netbook, atau kertas ketika Anda cukup memasukkan ponsel cerdas ke dalam saku. Rehat kopi, istirahat makan siang, perjalanan pulang pergi, dan bahkan jeda iklan selama acara televisi favorit Anda, semuanya menjadi kesempatan untuk menuliskan beberapa kata cepat. Dan, meskipun Anda tidak mungkin menulis seluruh novel di ponsel Anda, Anda hampir pasti dapat menggunakan setiap waktu luang dalam kehidupan sibuk Anda untuk memajukan novel.