Oktober 9, 2021 CARA MEMBEDAKAN TEMU LAWAK DAN KUNYIT YANG SERING DIANGGAP SAMA

CARA MEMBEDAKAN TEMU LAWAK DAN KUNYIT YANG SERING DIANGGAP SAMA

Jika kita lihat secara sepintas mungkin temulawak dengan kunyit memang pastinya memiliki banyak persamaan karena sama-sama berasal dari keluarga Zingiberaceae dan memiliki genus Curcuma. Meskipun demikian ternyata kedua jenis ini memiliki spesies yang berbeda yaitu untuk kunyit adalah Curcuma domestica dan pada temulawak Curcuma zanthorrhiza. Tidak hanya itu, keduanya jika dilihat dengan jelas pastinya memiliki perbedaan yang mencolok mulai dari bentu tanamannya, bentuk rimpang serta juga manfaatnya.

Perbedaan temulawak dan kunyit juga bisa kalian kenali dari bentuk fisik rimpangnya, selain itu juga kedua jenis ini tumbuh di bawah tanah maka dari itu kalian bisa membedakannya dari bentuk daun, bunga serta batangnya.

Jika kita telitih lebih jauh lagi, perbedaan antara temulawak dan kunyit juga sangat signifikan salah satunya ketika keduanya dikonsumsi dalam jumlah porsi yang lebih banyak. Jika kalian mengkonsumsi terlalu banyak kunyit ini bisa mengakibatkan sakit perut, mual, pusing dan juga diare. Sedangkan jika kalian mengkonsumsi temulawak dalam jumlah porsi yang sedikit maka ini akan dianggap normal dan aman untuk lambung, bahkan temulawak ini juga bisa dimanfaatkan dalam meringankan berbagai masalah pada pencernaan seperti sakit perut, perut kembung.

Tidak hanya perbedaan temulawak saja, namun kedua jenis ini juga memilili persamaan dalam hal manfaat seperti :
1. Meredakan gejala : Temulawak dan kunyit sama sama memiliki kandungan curcumin yang bisa membantu dalam meredakan peradangan sehingga dapat meringankan nyeri yang diakibatkjan osteoartritis.
2. Mengurangi obesitas : Sifat antiperadang yang ada pada temulawak dan kunyit juga bisa mengurangi lemak yang ada pada tubuh.
3. Menyehatkan jantung : Diluar dari perbedaan kedua jenis ini, ternyata tanaman ini sudah terbukti bisa mengurangi kadar kolestrol yang bisa menyebabkan penyakit jantung.
4. Mencegah diabetes : Mengkonsumsi ekstrak temulawak dan kunyit juga sudah terbukti bisa mengurangi paparan yang diakibatkan radikal bebas yang bisa merusak hati.

Itulah beberapa perbedaan dan persamaan antara kunyit dan temulawak, jika kalian mendapatkan beberapa manfaat seperti yang disebutkan diatas maka kedua jenis tanaman ini banyak dijadikan sebagai jamu tradisional yang dijual bebas, atau kalian juga bisa merebusnya bersamaan dengan bahan lainnya seperti asam dan gula jawa kemudian meminum air rebusan tersebut.