Januari 18, 2020 Cara Ampuh Atasi Tenggorokan Kering Atau Gatal

Cara Ampuh Atasi Tenggorokan Kering Atau Gatal

Tenggorokan yang kering dan gatal merupakan hal yang paling tidak menyenangkan, sebab tenggorokan kering dan gatal dapat sangat mengganggu aktivitas seseorang terutama bagi sebagian orang yang memang sangat diperuntuhkan untuk berbicara di muka umum dan itu akan sangat mengganggu karena rasa perih dan gatal yang muncul dalam tenggorokan.

Tenggorokan kering dan gatal memiliki banyak penyebabnya dan berbeda. Maka dari itu, perlu kamu ketahui dahulu penyebabnya agar lebih mudah untuk mengatasinya. Berikut ini telah kami rangkul beberapa penyebab dan cara mengatasi tenggorokan kering dan gatal.

1. Dehidrasi

Tenggorokan kering yang terjadi tanpa sebab yang jelas mungkin itu merupakan pertanda Anda kurang mengkonsumsi air minum. Tubuh seseorang yang kurang asupan cairan dalam tubuh tidak dapat memproduksi air liur dalam jumlah yang banyak untuk membasahi area sekitar mulut dan tenggorokan.

Untuk mengatasi permasalahan tenggorokan kering akibat dehidrasi anda hanya perlu minum air hingga tenggorokan merasa lebih baik. Tak hanya itu saja, usahakan untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda agar tubuh bisa terhindar dari dehidrasi yang dapat mengakibatkan tenggorokan kering, pusing, dan lemas. Air mineral, Jus buah, dan Air kelapa bisa menjadi sumber cairan yang baik untuk mencukupi kebutuhan carian tubuh harian.

2. Tidur dengan mulut terbuka

Banyak yang tidak menyadari bahwa tidur dengan keadaan mulut terbuka akan menyebabkan tenggorokan kering pada saat bangun pagi. Pasalnya kondisi udara pada malam hari akan mengerikan air liur pada mulut dan tenggorokan. Bukan hanya tenggorokan kering, Anda juga akan mengalami bau mulut.

Biasanya, orang yang tertidur dengan keadaan mendengkur dan flu akan lebih banyak kemungkinan tidur dengan keadaan mulut terbuka.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa mencoba menggunakan cara di bawah ini:

. Minum obat dengan kandungan Antihistamin.

.Minum obat dekongestan.

.Memakai semprotan hidung kortikoseroid.

3. Alergi rhinitis

Alergi rhinitis merupakan sekelompok gejala seperti bersin, pilek, tenggorokan gatal, batuk, dan mata gatal yang terjadi akibat suatu pemicu alergi. Contohnya bulu binatang dan debu.

Gejala yang terjadi saat alergi rhinitisĀ  dapat di selesaikan dengan cara berikut:

. Mengkonsumsi obat pereda alergi seperti obat Antihistamin.

. Suntikan pereda alergi dari dokter jika mengkonsumsi obat juga tidak membaik.

. Minum teh jahe hangat sebagai alternatif untuk melegakan tenggorokan

Nah, itu lah beberapa macam penyebab dan cara mengatasi tenggorokan kering dan gatal menurut penyebabnya. Semoga dengan artikel ini dapat membantu anda untuk menyelesaikan permasalahan yang anda alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *