November 10, 2021

Belajar Mengenal Diri Kita, Kapasitas Kita Dan Tidak Berekspektasi Besar Pada Orang Lain

Pernahkah anda merasa anda sudah memberikan yang terbaik, sudah memberikan yang maksimal. Tapi itu tidak dipandang oleh orang lain. Tidak di apresiasi oleh orang lain. Tidak memberikan respon yang seperti yang kita harapkan, dan membuat kita sedih. Ternyata apa yang menurut kita wah, belum tentu orang lain merasakan hal yang sama. Dan itu membuat kita menjadi takut untuk terlalu bersemangat, atau terlalu berlebihan dalam berusaha.

Belajar Mengenal Diri Kita, Kapasitas Kita Dan Tidak Berekspektasi Besar Pada Orang Lain

Setiap orang rasanya pasti pernah memiliki pengalaman dimana tidak berikan apresiasi atas apa yang kita lakukan. Atas apa yang kita usahakan. Dan rasanya sangat menyebalkan. Kesal karena kenapa anda melakukan itu, kesal karena dia tidak menghargainya, kesal karena usaha yang kalian lakukan percuma. Dan itu wajar dan bisa diterima. Sehingga sedih rasanya saat kita sudah berusaha, sudah menyiapkan sesuatu, sudah melakukan sesuatu untuk menyenangi hati seseorang, tapi yang di dapatkan hanya, hah, apa ini.

Yang benar-benar diluar prediksi kita. Dan itu sangat mengecewakan. Dan misalnya itu terjadi pada pasangan kita. pada pacar kita. Dan akhirnya itu hanya akan membuat kita terluka, dan ada perasaan untuk ya sudah tidak akan melakukan effort lebih. jika tahu hasilnya akan seperti ini, Jika tahu hasilnya tidak memuaskan. Dan itu wajar dirasakan oleh kita. Setidaknya anda sudah mencoba, anda sudah pernah berusaha. Dan mulai membentuk pola pikir berserah, dimana anda tidak mengharapkan sesuatu.

Tidak mengharapkan respon lebih atau pujian atau apa pun itu. Sehingga anda tidak akan sakit hati saat anda tidak mendapatkan itu. Dan pun jika anda mendapatkan pujian itu adalah bonus. Dan dari situ kita akan belajar untuk lakukan sewajarnya, tidak perlu berlebih. Karena yang berlebihan tidak akan baik. Tidak akan baik untuk mu dan untuk orang lain. Belajar untuk bertindak bersikap sewajarnya, sesuai porsinya. Tidak usah memaksakan diri dan tidak harus selalu sempurna dan bisa. Sehingga anda tahu batasan anda, kapasitas anda.