Oktober 3, 2021 APAKAH YANG MENYEBABKAN TANGAN MENJADI GEMETAR SETELAH MINUM KOPI?

APAKAH YANG MENYEBABKAN TANGAN MENJADI GEMETAR SETELAH MINUM KOPI?

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein ini tentunya sudah sangat digemari oleh banyak orang karena bisa meningkatkan tingkan fokus dan produktivitas serta juga bisa menghasilkan energi dan juga mengurangi rasa ngantuk akibat lelah atau kurang tidur. Namun ada juga beberapa orang yang menghindari mengkonsumsi minuman kafein ini termasuk kopi karena bisa mengalami tangan getar setelah meminumnya hal ini merupakan salah satu efek samping yang terjadi pada kopi setelah mengkonsumsinya.

Kafein merupakan zat stimulasi yang bisa mempengaruhi sistem sistem saraf dan juga bisa menyebabkan tremor atau gemetar pada beberapa orang, hal ini biasanya dikenal dengan tremor fisiologis. Tremor fisiologis juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan bisanya meningkatkan kafein didalam tubuh, menggunaan obat-obatan dan juga terjadi masalah tiroid. Tremor ini tidak hanya bisa terjadi pada tangan namun juga bisa terjadi di beberapa bagian tubuh juga.

Gemetar setelah mengkonsumsi kopi juga bisa disebabkan karena pada sebagian orang yang memiliki kepekaan kafein yang artinya mereka bisa mengalami efek dari kafein untuk dosis yang rendah. Jika kalian mengalami hal tersebut, mungkin kalian juga akan mengalami tremor setelah mengkonsumsi minuman berenergi atau mengkonsumsi kopi.

Pada jumlah kafein perharinya disarankan adalah sekitar 400ml perhari untuk orang dewasa ini artinya setara dengan empat cangkir kopi, namun kandungan kafein pada minuman berenergi ini tentunya sangat bervariasi. Jadi untuk menghindari efek samping tersebut sangat penting untuk kalian perhatikan kembali terhadap batas kafein yang sudah ditentukan. Dengan mengkonsumsi kafein pada jumlah yang rendah kalian tentunya sudah mengurangi resiko yang terjadi dari kafein.

Meskipun pada sebagian orang tidak mengalami tremor setelah mengkomsumsi kopi, tapi kebanyakan kafein ini bisa menyebabkan beberapa gejala yang tidak dinginkan juga.
Berkikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengurangi mengkonsumsi minuman kafein seperti :
1. Baca label kemasan dengan baik
2. Kurangi secara bertahap
3. Pesan kopi decaf
4. Kurangi waktu penyeduhan

Jika ada beberapa orang dewasa sehat dan sudah terbiasa mengkonsumsi kafein setiap hari ini biasanya tidak akan menimbulkan gejala apapun, tapi harus tetap memperhatikan jumlah batas kafein yang dikonsumsi perharinya untuk menghindari efek samping yang mungkin bisa terjadi.