Oktober 24, 2021 8 Sayur Ini Bisa Menurunkan Kolestrol, dan Mudah Didapatkan

8 Sayur Ini Bisa Menurunkan Kolestrol, dan Mudah Didapatkan

Walaupun tubuh memerlukan kolestrol dalam pembentukan sel sehat, tapi jika kelebihan kadar kolestrol juga tidak baik. Jika kelebihan batas normal, dapat mengakibatkan resiko terkena penyakit tertentu seperti diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, jantung dan yang lainya.

Ada beberapa cara dapat dilakukan untuk menurunkan kolestrol . Seperti menerapkan gaya hidup sehat , mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga. Makanan ini sebaiknya juga mengandung nutrisi yang bisa menurunkan kolestrol seperti sayuran.

1. Buncis

Tembus Pasar Ekspor, Petani Baby Buncis Ini Sebulan Raup Rp 400 Juta
Dalam mengkonsumsi buncis secara teratur bisa mempercepat penurunan kolestrol jahat pada tubuh. Tak hanya itu, buncis juga dapat di konsumsi bagi penderita diabetes.

2. Wortel

Wah, Ternyata Wortel Bisa Jadi Bahan Bangunan yang Ramah Lingkungan Lho |  biem.co
Wortel merupakan jenis sayuran yang baik dalam menurunkan kolestrol. Wortel memiliki tinggi kandungan pektin yaitu serat larut penurun kolestrol. Tak hanya itu, wortel juga baik dalam mencegah penyakit jantung.

3. Brokoli

Resep Tumis Brokoli, Makanan Sehat Bercita Rasa Lezat
Brokoli mempunyai tinggi kandungan serat yang bisa membantu tubuh dalam menurunkan kolestrol jahat akibat penyakit. Mengolah brokoli menjadi menu masakan sehat seperti direbus dan sup adalah cara yang baik untuk mendapatkan khasiatnya.

4. Kangkung

8 Langkah Sebelum Mengolah Kangkung Sebelum Dimasak, Pemula Wajib Tahu
Kangkung mengandung karotenoid yang berperan sebagai anti oksida. Kandungan ini bisa mencegah radikal bebas berbahaya yang bisa mengakibatkan arteri mngeras dan menurunkan kadar kolestrol. Sehingga bisa mengurangi resiko terkena serangan jantung.

5. Kentang

10 Manfaat Kentang bagi Kesehatan, Saatnya Gantikan Nasi? | BukaReview
Kentang enak dikonsumsi dengan cara disup atau direbus. Bukan cuman enak, kentang juga baik untuk kesehatan kolestrol. Mengkonsumsi kentang dengan secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Okra

Okra Tempura - Soupbelly
Okra merupakan sayuran yang memiliki kandungan pektin. Pektin ini bisa melarutkan dan menurunkan kadar koletrol. Tak hanya itu, okra juga baik untuk mencegah penyakit jantung.

7. Terong

20 Manfaat Terong untuk Kesehatan, Beserta Risikonya yang Perlu Diwaspadai  - Ragam Bola.com
Sayur yang enak dimasak tumis ini juga baik dalam menurunkan kolestrol tubuh. Hampir sama dengan wortel, terong memiliki kandungan pektin yaitu serat larut yang bisa membantu menurunkan kolestrol.

8. Bayam

Ini 8 Alasan Bayam Disebut Superfood
Sama halnya dengan kangkung, bayam juga mempunyai kandungan karotenoid. Sayur ini diyakini berperan penting sebagai anti oksida dalam mencegah arteri mengeras dan menurunkan kolestrol.