September 22, 2021 7 Minuman Yang Wajib Dihindari Saat Diare

7 Minuman Yang Wajib Dihindari Saat Diare

Diare membuat orang sering buang air besar, dan keluar masuk ke kamar mandi. Diare dapat disebabkan oleh virus dan bakteri. Biasanya penyakit ini juga dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi ada juga yang memerlukan obat jika diare begitu parah.

Selama proses penyembuhan, kamu juga harus mengontrol makanan dan minuman yang dikonsumsi. Agar tidak semakin parah diare, jangan sampai salah dalam memiliki makanan dan minuman. Salah satunya makanan pedas, karena makanan ini dapat membuat diare tak kunjung sembuh.

1. Soda

Minuman Soda dan Minuman Berkarbonasi, Apa Bedanya?
Soda mengandung gas karbon dioksida yang wajib untuk di hindari pada saat diare. Bukan hanya membuat diare makin parah, soda juga dapat menyebabkan resiko perut menjadi kram dan kembung.

2. Susu

VLOG-Siegel: Bayerische Milchindustrie baut Sortiment aus gentechnikfreier  Milch aus
Susu juga termasuk minuman yang harus untuk di hindari saat sedang diare. Karena susu adalah salah satu produk dairy yang dapat mengakibatkan diare jadi lebih parah dan semakin lama untuk sembuh.

3. Kopi

4 Cara Bikin Kebiasaan Minum Kopi Jadi Lebih Sehat - Info Sehat  Klikdokter.com
Minuman yang berkafein seperti kopi dapat mengakibatkan alat pencernaan bekerja lebih banyak. Kopi di yakini membuat diare semakin parah. Oleh karena itu sebaiknya hindari dulu dalam mengkonsumsi kopi saat diare.

4. Teh

KUIZ 1/2021 | Education - Quizizz
Bukan cuman kopi, teh juga minuman yang memiliki kandungan kafein. Walaupun memiliki kandungan kafein yang rendah dibandingkan kopi, namun tetap saja sebaiknya kurangi dalam minum teh saat sedang diare.

5. Minuman Yang mengandung Pemanis Buatan

Learn How to Make Frappe Today - Texas Specialty Beverage
Minuman yang mengandung pemanis buatan juga lebih baik untuk dihindari saat sedang diare. Minuman ini juga dapat menghasilkan lebih banyak air dan elektrolit yang dapat merenggangkan usus sehingga diare akan menjadi lebih semakin parah.

6. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Saat diare sebaiknya jauhi minuman yang dapat mengakibatkan tubuh kehilangan cairan. Salah satunya adalah alkohol yang bisa bersifat diuretik atau dehidrasi.

7. Jus Lemon dan Jeruk

Hindari 7 minuman ini saat diare  berbagai sumber
Terbiasa dan suka minum jus atau lemon? Minuman ini sebaiknya untuk dihindari lebih dulu jika saat sedang diare. Karena buah ini memiliki kandungan asam yang dapat membuat diare semakin parah.