Oktober 23, 2021 7 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

7 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Alpukat adalah salah satu jenis buah yang disukai banyak orang, karena buah ini mempunyai tekstur yang lembut dan mudah untuk diolah. Bukan hanya enak, buah ini juga baik bagi kesehatan seperti meningkatkan pencernaan, perlindungan terhadap kanker dan mengurangi resiko terkena kanker.

Alpukat merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi alami dan hampir 20 vitamin dan mineral. Mengkonsumsi alpukat dapat membantu dalam mengurangi resiko terkena diabetes, penyakit jantung, obesitas dan kematian.

1. Mengatasi Masalah Jerawat
Penelitian mengatakan membersihkan wajah menggunakan minyak alpukat bisa membantu dalam mengurangi jerawat. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung anti mikroba dalam minyak alpukat. Tak hanya itu saja, wajah juga menjadi lebih bersih dan lebih kenyal.

2. Mencegah Kulit Kering
Alpukat adalah sumber biotik, yang dimana menjadi bagian dari vitamin B kompleks. Bioyik bisa membantu dalam mencegah kulit kering. Kandungan ini juga bisa mencegah terjadinya kerusakan pada kuku dan rambut.

3. Mengobati Luka
Minyak alpukat bisa membantu dalam mengobati luka. Hal ini dikarenakan alpukat adanya asam lemak esensial dan asam oleik. Asam lemak dapat mengurangi peradangan selama proses penyembuhan.

4. Mengatasi Risiko Depresi
Makanan yang mengandung tinggu folat juga bisa membantu dalam mengurangi risiko depresi, karena folat dapat membantu dalam mencegah penumpukan homosistein, zat yang bisa mengganggu sirkulasi dan pengirman nutrisi pada otak. Jika kelebihan homosistein bisa mengganggu produksi norepinefrin, serotonin, dan dopamin yang mengatur suasana hati, nafsu makan dan tidur.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Walaupun teksturnya lembut, alpukat ini sebenarnya mengandung kaya akan serat sekitar 7 gram per setengah buah. Mangkonsumsi makanan berserat alami bisa membantu dalam mencegah sembelit, menurunkan risiko kanker usus besar, menjaga kesehatan saluran pencernaan.

6. Pengobatan Osteoporosis
Zat yang disebut saponin, didapatkan pada alpukat, kedelai dan beberapa makanan lainnya, kandungan ini bisa mengurangi gejala osteoporosis.

7. Menenangkan Kondisi Kulit
Menggunakan masker alpukat dapat menjadikan wajah lebih kenyal dan sehat. Kemerahan yang ada pada kulit dapat hilang, termasuk peradangan parah akibat jerawat. Nutrisi yang ada pada alpukat ini juga bisa mencegah masalah kulit pecah-pecah.