September 17, 2021 5 Makanan Yang Wajib Dihindari Saat Haid

5 Makanan Yang Wajib Dihindari Saat Haid

Permasalahan fisik dan emosional adalah gejala yang sering terjadi pada perempuan saat sedang menstruasi. Berbagai acara juga dilakukan untuk meminimalisasi keadaan tersebut. Apalagi siklus ini datang setiap bulan sehingga sering membuat aktivitas kita terganggu.

Membatasi beberapa jenis makanan menjadi hal penting untuk para perempuan agar menekan efek yang ditimbulkan pada masa tersebut.

1. Makanan Berlemak
Daging dan susu memang akan sangat menggoda selera makan seseorang. Tapi perempuan haid ada baiknya untuk menghindari makanan ini. Kandungan lemak jenuh yang terdapat didalamnya dapat memperburuk rasa sakit dan peradangan saat menstruasi.

Jika ingin memakan daging, usahakan mengkonsumsi daging yang rendah lemak. Para perempuan lebih baik beralih kemakanan dengan kandungan protein. Hal ini bisa membantu mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

2. Makanan Yang Mengandung Tinggi Garam
Makanan yang tinggi garam dapat memperparah masalah kembung pada saat menstruasi. Beberapa di antaranya yang wajib di hindari seperti cemilan ringan, makanan cepat saji.

Sulit untuk mengetahui kandungan garam yang di dalam makanan. Maka dari itu, lebih baik mengolah makanan sendiri agar.

3. Makanan Yang Mengandung Tinggi Gula
Saat haid mengakibatkan kadar gula darah menjadi stabil. Maka, mengkonsumsi minuman dan makanan manis dengan secara berlebihan dapat mengakibatkan gula darah yang semakin meningkat.

Jenis makanan ini sering menjadi comfort food untuk para perempuan yang sedang haid. Tapi, mereka dapat memperburuk gejala yang dirasakan seperti kram perut dan kembung. Jadi batasi mengkonsumsi makanan seperti es krim, sereal, soft drink dan lainnya.

4. Minuman Berkafein
Minuman berkafein dapat memberikan dampak menstruasi menjadi tidak teratur. Bukan hanya itu saja, zat itu juga dapat memperburuk suasana hati, meningkatkan resiko nyeri saat haid, membuat sulir tidur. Untuk menghindari berbagai resiko ini, perempuan haid lebih baik untuk membatasi asupan minuman energi, teh, kopi dan minuman lain yang berkafein.

5. Makanan Olahan Biji-Bijian
Untuk membatasi makanan olahan biji-bijian seperti pasta, roti, dan kue. Bukan dilarang, namun lebih baik jika kamu menghindari saat sedang haid.

Makanan ini dapat mempengaruhi gula darah dan memperburuk rasa nyeri saat haid. Apalagi, kandungan nutrisi yang ada di dalam biji-bijian banyak yang hilang saat proses pembuatan makanan.