Januari 22, 2020 4 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut.

4 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut.

Bau mulut, sariawan, gusi bengkak, dan gigi berlubang merupakan contoh dari buruknya kesehatan mulut dan gigi. Padahal, masalah gusi dan gigi tidak selalu hanya membuat kita sulit untuk makan atau pun berbicara. Sebuah studi membuktikan bahwa buruknya kesehatan mulut dan gigi dapat mengakibatkan berbagai komplikasi penyakit berbahaya.

Oleh sebab itu, kami telah merangkul beberapa tips untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

1. Jangan sikat gigi terlalu kuat

Tujuan dari sikat gigi ialah membersihkan atau menghilangkan plak gigi. Namun, jika Anda menyikat terlalu keras saat menggosok gigi, gesekannya dapat mengikis enamel gigi yang tipis dan juga dapat melukai gusi. Akibatnya, gigi Anda akan menjadi lebih sensitif dan gusi akan terasa perih dan berdarah, Selain itu, cara menyikat yang salah dapat membuat plak gigi malah menjadi menumpuk dan mengeras yang akhirnya dapat mengakibatkan peradangan gusi.

Cara menyikat gigi yang benar harus dilakukan dengan menyikat secara lembut dan dibarengi dengan gerakan memutar. Biasanya, durasi menyikat gigi yang efektif adalah sekitar dua menit.

2. Gunakan pasta gigi degan kandungan fluorida

Fluorida adalah unsur alami yang mudah di temukan pada banyak hal, seperti makanan yang kita konsumsi dan air minum. Fluorida di serap dan di manfaatkan oleh sel-sel pembangun gigi untuk menguatkan enamel gigi. Fluorida juga menjadi pertahanan pertama terhadap kerusakan gigi dengan membunuh kuman penyebab kerusakan gigi, serta memberikan perlindungan alami untuk gigi. Oleh karena itu, penggunaan pasta gigi berfluorida sangat di anjurkan.

3. Hindari kebiasaan merokok

Tembakau yang menjadi bahan utama dalam rokok dapat menyebabkan gigi kuning dan bibir menghitam. zat berbahaya yang terkandung dalam rokok juga melipat gandakan resiko seseorang terserang penyakit gusi dan kanker mulut. Oleh sebab itu, mulailah untuk berhenti merokok dan menjalani gaya hidup sehat dari sekang.

4. Minum lebih banyak air putih

air merupakan salah satu alternatif untuk mencukupi asupan cairan tubuh harian dan berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk untuk menjaga kesehatan mulut, karena aktivitas minum air dapat membantu membersihkan mulut dari beberapa efek buruk dari makanan dan minuman yang tertinggal di mulut.

Di-tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *