September 19, 2021 4 Jenis Sup Korea, Dijamin Menenangkan dan Menghangatkan

4 Jenis Sup Korea, Dijamin Menenangkan dan Menghangatkan

Bukan hanya terkenal dengan Kdrama dan Kpopnya, korea selatan juga terkenal dengan makanan yang sederhana dan juga menyehatkan. Salah satunya makanan jenis sup yang kamu juga pasti sering melihat pada acara korea favorit.

Saking terkenalnya, saat ini sudah banyak restoran di Indonesia yang menyajikan sup khas korea. Apa saja sih jenis sup dari korea selatan yang mungkin kamu bisa coba membuatnya sendiri dirumah.

1. Dak Gomtang

Dak Gomtang (Korean Chicken Soup) Recipe - Whisk
Varian sup ini dibuat dengan menggunakan daging ayam. Waktu dalam memasak daging ayam juga tidak memerlukan waktu lama. Kaldu dari sup ini juga mengandung kaya dan aromatik yang berasal dari tulang ayam dan daging ayam.

Salah satu kunci dari kaldu ini adalah untuk menggunakan bawang putih yang banyak dan rebusan ayam dengan menggunakan beberapa sayuran. Sup ini juga biasanya dihidangkan dengan nasi hangat dan diberi dengan topping suwiran ayam dan bisa ditambahkan dengan sedikit potongan kubis yang patinya juga akan .

2. Seolleongtang

Korean - Gomguk - Finmail
Seolleongtang adalah sup yang terbuat dari tulang kaki sapi yang direbus kurang lebih 1 jam. Kuah dimasak sampai mengental dan berwarna putih creamy, sup ini menjadi sebuah andalan para keluarga di korea saat musim dingin.

Tidak ada aturan tetap berapa lama ini dimasak, banyak air yang digunakan. Pada saat memasak sup ini, tulang direbus selama berjam-jam sampai semua kaldu kluar dan ditambhakan dengan daun bawang, merica dan garam.

3. Miyeok Guk

Korean Seaweed and Brisket Soup ( Miyeok-Guk ) Recipe
Sup ini menjadi salah satu makanan pokok di rumah orang korea, sup ini juga sering disebut dengan sup ulang tahunnya orang korea karena sudah menjadi sebuah tradisi setiap ulang tahun membuat sup ini.

Bahan utamanya rumput laut kering. Sebelum memasaknya, rumput laut direndah lebih dulu beberala waktu agar semakin mengembang. Lalu dimasuk ke dalam wadah yang sudah berisi air dengan bumbu, biasanya juga suka dilihat dari beberapa potong sayuran dan daging sesuai selesa.

4. Galbitang

Galbi-tang - Wikipedia
Galbitang adalah sup mewah di antar sup korea yang lainnya. Mewah karena sup ini dibuat menggunakan iga sapi yang terkenal mahal. Galbitang ini sup yang kaya akan gizi dan rasa yang lembut, nkmati sup ini selagi masih hangat. Biasa sup ini dihidangkan pada acara penting seperti pernikahan.

Untuk memasak ini memerlukan waktu yang cukup lama karena untuk mengeluarkan sari dari iga sapinya. Biasanya, iga sapi direbus bersamaan dengan lobal, jahe, bawang putih bawang merah.