September 29, 2021 10 Makanan Untuk Melancarkan BAB Akibat Sembelit

10 Makanan Untuk Melancarkan BAB Akibat Sembelit

Makanan yang banyak mengandung serat bisa membantu dalam menlancarkan buang air besar (BAB). Walaupun obat dan suplemen bisa mengatasi sembelit, tapi dengan meningkatkan asupan serat dan banyak minum air putih bisa melancarkan BAB dengan secara alami dan sangat minim efek samping.

Dengan menambahkan beberapa porsi makanan yang mengandung tinggi serat setiap hari, banyak minum air putih dan rajin berolahraga, maka pencernaan akan menjadi lebih sehat.

1. Ubi Jalar
Tidak perlu ragu untuk mengganti karbohidrat yang sehari-hari di konsumsi dengan ubi jalar. Makanan ini mempunyai banyak kandungan serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

2. Apel
Apel adalah jenis makanan yang baik untuk melancarkan BAB karena memiliki kandungan serat alami yang bernama Pectin. Agar mendapatkan kandungan serat apel yang lebih banyak, makan buah ini bersamaan dengan kulitnya.

3. Biji Chia
Biji chia bukan hanya tinggi serat, tapi juga mengandung kaya akan protein, sehingga perut menjadi kenyang lebih lama sesudah memakannya. Tambahkan makanan ini ke dalam jus buah atau oatmeal tanpa gula agar mendapatkan manfaat yang sangat ampuh.

4. Kiwi
Buah yang mempunyai cita rasa segar dan asam ini bisa menambahkan jumlah massa kotoran BAB sekaligus mempercepat aliran tinja ke dalam usus, sehingga dapat membantu mengatasi sembelit.

5. Brokoli
Brokoli memiliki kandungan zat sulforaphane yang bisa melindungi usus dan melancarkan pencernaan.

6. Pir
Bukan hanya tinggi serat, pir juga dapat membantu dalam melancarkan BAB karena memiliki banyak kandungan air. Sama dengan apel, kamu sebaiknya makan buah ini bersamaan dengan kulitnya agar mendapatkan serat yang banyak.

7. Buah Plum
Plum merupakan buah yang diyakini dapat mengatasi sembelit dengan cara alami. Buah ini mempunyai kandungan serat yang mudah larut dan tidak mudah larut untuk membantu melancarkan BAB setiap harinya.

8. Anggur
Sama dengan buah pir, anggur juga termasuk buah yang banyak kandungan serat dan kaya akan air. Untuk mengatasi sembelit, makanlah beberapa genggaman anggur yang sudah di bersihkan.

9. Kacang
Segala jenis kacang termasuk makanan yang mengandung tinggi serat bisa melancarkan BAB. Serat larut pada kacang ini dapat menyerap air dan melunakkan tinja sehingga mudah keluar dari pencernaan.

10. Oatmeal
Oatmeal atau havermut merupakan sumber serat tidak larut yang tidak menyerap air tapi bisa menambah massa kotoran BAB, sehingga dapat membantu dalam mengatasi sembelit.